photo cls5_2.jpg  photo ABE1.jpg  photo frd.jpg

Membedakan Jenis Kelamin Kenari

Untuk beternak kenari sudah pasti harus bisa mengetahui jenis kelamin kenari yang akan di tangkarkan. Ciri umum perbedaan jenis kelamin burung kenari ketika sudah dewasa yaitu untuk
burung kenari jantan memiliki kicauan yang lebih indah dan panjang dari pada burung kenari betina. Namun ketika kenari masih muda dalam membedakan jenis kelaminya tidak bisa dilihat dari kwalitas kicauannya melainkan bisa dilihat dari bentuk fisik dari kenari tersebut. Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dari fisik kenari untk membedakan jenis kelaminya, yaitu diantaranya adalah:

  • Pada bagian sepanjang tulang belakang kenari jantan terdapat warna yang tegas dan pekat. Pada kenari betina terdapat warna yang tegas dan pekat tetapi tidak sepanjag tulang belakang.
  • Pada anak kenari usia 4 hari atau lebih dapat dilihat pada pembuluh vena dibagian bawah perut turun menuju dubur. Untuk kenari jantan pembuluh vena tersebut akan terlihat sedangkan untuk kenari betina tidak terlihat. hal itu bisa dilihat ketika kenari belum tumbuh bulu.
  • Bentuk kepala kenari jantan terlihat datar dan pipih, sedangkan kenari betina cenderung bulat.
  • Mata kenari jantan sejajar dengan paruhnya, untuk kenari betina tidak sejajar dengan paruhnya tetapi berada diatas paruh.
  • Dubur kenari jantan lebih panjang dan lancip, sedangkan dubur kenari betina lebih pendek dan tumpul.